Oleh pada 11 Nov 2015, 20:24 WIB

Liputan6.com, Jakarta Semakin populernya minuman kopi membuat semakin banyak orang yang mengaku sebagai pencinta kopi. Minuman ini pun diminum dengan cara yang beragam, dari mulai mengolah dari biji, membeli minuman jadi di kafe, hingga kopi instan di sachet.

Meski begitu, ada yang bilang pencinta kopi sejati hanya meminum kopi dari biji kopi yang diproses sendiri. Serta, cara meminumnya pun diseduh dengan air bertemperatur khusus hingga mengeluarkan aroma khas, seperti layaknya dilakukan oleh barista profesional. Lantas, bagaimana dengan orang yang meminum kopi instan, apakah mereka tidak bisa dikatakan pencinta kopi?

Toni Wahid, coffee enthusiast dan penulis blog untuk kopi Cikopi.com, mengatakan, sebenarnya yang dinamakan pencinta kopi adalah mereka yang menikmati waktu minum kopi mereka. Minuman itu pun bisa dinikmati dengan cara apa saja.

Toni pun yang sudah berkeliling banyak negara untuk mencicipi kopi masih suka meminum kopi instan. Pemilihan kopi, sebetulnya tergantung kebutuhan si peminum kopi. Menurut dia, menyeduh kopi seperti yang barista lakukan memang bisa menghasilkan kopi yang enak, tetapi itu juga membutuhkan waktu lama.

“Padahal tidak semua orang punya previllage waktu untuk menyeduh kopi. Di saat terburu-buru, kopi sachet bisa jadi andalan. Kalau rasa kembali lagi ke selera. Namun kalau bicara praktis, tidak ada yang bisa mengalahkan kepraktisan kopi sachet, travelling juga bisa dibawa-bawa. Praktis, bisa dibawa kemana saja, harga kompetitif,”

ujar Toni kepada wartawan di Bandung, Sabtu (7/11/2015).

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

X