on Jumat, 19 Februari 2016, bbhcv

KOPI, komoditi andalan sejak abad ke 9. Konon kopi dikenal mula-mula kali yang merupakan minuman di Ethiopia sampai seterusnya meramba kerbagai belahan bumi. Konon menurutnya pun, Suku Galla di Afrika Timur telah mengenal kopi di thn 100 SM. Awalnya , kopi dimonopoli oleh bangsa Arab sampai hasilnya bangsa – bangsa Eropa dapat mengembangkan budidaya kopi diwilayah jajahan mereka. Bisa Saja termasuk juga Indonesia .

Indonesia sendiri mempunyai beeragam kategori Kopi. bahkan buat satu tipe kopi Arabika masihlah dibeda-bedakan berdasarkan asal mereka. Mampu menjadi lantaran rasa kopi teramat dipengaruhi oleh tipe tanah, iklim & ketinggian wilayah. Salah satu kategori kopi Indonesia yg ternama dari Papua yakni kopi Arabika Baliem atau Kopi Wamena.

Tidak tidak sedikit yg menetahui bahwa di Papua sendiri terdapat sekian banyak daerah yg sesuai utk tanaman kopi & telah dikembangkan sejak jaman Belanda. Kopi Wamena contohnya, yaitu kumpulan dari kopi-kopi type arabika yg menyebar di daerah lembah Baliem sebab itu di kenal bersama nama Arabika Baliem yg mungkin kopinya berasal dari daerah Tolikara, Lanijaya, Intan Jaya hingga ke Mamberamo tengah. Pohon kopi papua tida berbunga sepanjang tahun.

Kopi Wamena yakni kategori kopi dari Papua yg paling dikenal tidak sedikit orang didalam negara. Kopi Wamena pun tidak jarang dijumpai di kedai-kedai kopi agung semisal Anomali Coffee.Pasarannya serta telah menembur pasar ekspor. Aku sendiri lebih menyukai menyebutkan kopi wamena bersama sebutan Arabika Baliem.

Amungme GOld & Pogapa Pone, kopi jawara dari Timika.

Kopi Timika. Menyatakan nama Timika, tentu yg terbayang ialah Freeport bersama produksi tembaga & emasnya. Tetapi tauka kamu bila di baagian pedalaman Timika tumbuh kopi kelas dunia? Type kopi yg dibudidayakan disana yaitu kopi Arabica. Menyebar di wilayah suku Amungme ialah di daerah Hoea, Tsinga, Utekini, & Aroanop Kopi ini serpertinya amat teristimewa tapi belum populer seperti kopi Arabika baliem. Salah satu brad dari kopi Wamena yaitu kopi Amungme Gold. Ada lagi satu kopi dari TImika yg harum & enak yakni kopi Pogapa Pone. yg satu ini mungkin saja berasal dari daerah Sugapa atau dari mana : D

Kopi Nabire. Kopi Nabire lebih tidak sedikit menyebar di daerah Paniay & Deiyai. jenisnya , lagi-lagi arabika. Kopi Nabire serta belum seterkenal kopi Wamena. Tetap ada lagi kopi Arfak & Kebar di Manokwari & Kopi Kaimana. Sayang. ke-2 kopi dari daerah ini seakan mati suri. teramat susah buat meraih bijikopinya dipasar. Menurutnya sih, kebun-kebun kopi di daerah tersebut telah tak mendapat perhatian yg baik dari para petani kopi. Sayang seklai. padahal dunia perkopian ketika ini lagi naik-daun.

Nah itu lah sekian banyak type kopi Papua baik yg telah mendunia ataupun yg mati suri. Silahkan minum kopi!

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

X