Jayapura, Jubi – Konselor Pertama Bidang Divisi Promosi Perdagangan dan Investasi Kedutaan Besar Polandia untuk Indonesia di Jakarta mengakui pihaknya merupakan penggemar dan pengonsumsi kopi produksi Papua, sehingga berharap bisa mendapatkan komoditas tersebut.

Konselor Pertama, Romuald Morawski, yang merupakan Kepala Bidang Divisi Promosi Perdagangan dan Investasi, di Jayapura, Selasa 99/2/2016), mengatakan pihaknya berharap produksi kopi di Papua dapat diekspor ke Polandia.

“Kami sangat menyukai kopi Papua karena kualitasnya yang bagus sehingga jika boleh dapat diekspor ke Polandia,” katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua terus mendorong produksi komoditi kopi di wilayahnya dengan perluasan areal penanaman, melakukan intensifikasi, dan rehabilitasi lahannya.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Papua, Jhon Nahumury, mengatakan pihaknya menargetkan tahun ini akan dibangun pabrik kopi di wilayah Lapago yakni di Kabupaten Jayawijaya dan wilayah Mepago, tepatnya di Kabupaten Dogiyai.

“Dimana untuk pabrik kopi di Kabupaten Dogiyai rencananya berskala kecil atau hanya berupa industri rumah tangga,” katanya.

Jhon menjelaskan setelah pembangunan pabrik kopi di Dogiyai, selanjutnya target mendirikan bangunan yang sama di wilayah Lapago Jayawijaya.

“Perluasan areal perkebunan kopi, tidak hanya fokus di kabupaten di mana pabrik itu didirikan, tetapi juga akan didorong di kabupaten lainnnya yang masuk dalam wilayah Lapago maupun Mepago,” katanya. (*)

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

X