JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Perdagangan Thomas Lembong menegaskan adanya dampak positif yang akan diraih oleh Indonesia sebagai portrait country (PC) di ajang Specialty Coffee Association of America (SCAA) Expo 2016 yang digelar di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat (AS) pada 14-17 April 2016 mendatang.

Sebagai portrait country, Indonesia akan memantapkan branding sebagai pemilik kopi terbaik di dunia yang lolos seleksi standar tinggi yang ditetapkan SCAA

Menurut Mendag Thomas, dampak positif yang akan diraih sebagai PC di ajang SCAA yaitu peningkatan kesejahteraan seluruh level pelaku kopi mulai dari petani, roaster, pemilik kafe, barista, sampai dengan eksportir kopi Indonesia.

Dampak positif lainnya yaitu terjadi peningkatan dan perkembangan inovasi, maupun investasi di berbagai area industri kopi nasional.

Antara lain untuk perkebunan kopi, produsen/petani kopi, produk turunan kopi, dan produk manufaktur seperti mesin dan perlengkapan pengolahan kopi; tak ketinggalan penguatan branding “Indonesia sebagai Surga Kopi Dunia”.

Selain itu Mendag Thomas menambahkan, menikmati kopi Indonesia tidak hanya akan merasakan rasa kopi, tapi juga akan merasakan romantika tersendiri dari kopi.

“Siklus permintaan domestik yang ikut terdorong juga dapat berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja dan kesejahteraan ekonomi pada sektor kopi dan sector terkait di Indonesia,” tegas Mendag Thomas, melalui siaran pers ke Kompas.com.

Apresiasi disampaikan Mendag Tom kepada semua pihak yang telah ikut mendukung keikutsertaan Indonesia di SCAA 2016, antara lain Kementerian Perindustrian, Kementerian Pariwisata, Kementerian Luar Negeri, serta asosiasi kopi seperti GAEKI, AEKI, SCAI dan SCOPI, dan seluruh media.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

X