Dogiyai,Papua Kabamapega.Com– — Pemprov Papua melalui Dinas Perkebunan menggelar bimbingan teknik (Bimtek) bagi petani kopi.kegiatan bimtek petani kopi ini adalah sebagai upaya untuk membantu para petani untuk memahami perawatan kopi dan meningkatkan kualitas mutu produksinya.

Usai Bimtek di kebun kopi SMP YPPK Moanemani Foto: Agustinus D
Usai Bimtek di kebun kopi SMP YPPK Moanemani Foto: Agustinus D

Kegiatan Bimbingan Teknik (Bimtek ) diselenggarakan aula pemda dogiyai ,Selasa,(11/10/16).Kegitan Bimtek diusung dengan Thema “kegiatan intensifikasi dan rehabilitasi tanaman kopi 100 hektar di Kabupaten Dogiyai”.

Frans Nuboba selaku Kepala bidang Perlindungan tanaman Dinas Perkebunan Papua Dalam sambuatanya mengatakan kegiatan bimtek yang di gelar di dogiyai itu, juga membahas banyak hal, selain cara merawat kopi berkualitas ekspor, juga untuk mengangkat citra kopi dogiyai di pasar global.

Tidak hanya itu, dia menambahkan Bimtek juga mengajar para petani kopi cara pangkas kopi dan cara merawat kopi.

Menurutnya, pihaknya telah melakukan koordinsasi dengan para petani kopi di tanah toraja , guna pengembangan komoditas kopi di berbagai daerah di papua, sehingga melalui bimtek diharapkan para petani kopi arabika dapat memahami materi dan praktek cara merawat kopi untuk memiliki nilai jual yang tinggi di pasaran.

Dia menuturkan produk minuman dari bahan dasar kopi kini semakin beragam hingga potensi pangsa pasar hasil olahan berbahan dasar kopi semakin besar dan menjanjikan.

Kondisi itu, lanjutnya, yang mendorong Pemprov melalui Dinas Perkebunan Papua menyelenggarakan bimtek. Kegiatan ini diikuti 100 peserta yang berasal dari para petani kopi dan ketua –ketua tani yang ada di kabupaten Dogiyai.

Kepala dinas Pertanian Kabupaten Dogiyai Emanuel Dogomo S.pt M.si berharap kepada para petani n aktif menaman kopi.karena menurutnya kopi dogiyai sudah terkenal sampai belanda.

“Saya Minta semua petani menanam kopi sehingga pendapatan masyarakat akan meningkat dan bisa bersaing dengan petani di luar pulau papua,”Harapnya.

Pewarta : Martinus Pigome

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

X