HarianPapua.com [Felix Imanuel]– Punya nilai ekspor tinggi dan aroma khas yang memukau, Kopi Papua membuat pemerintah lewat Kementerian Perdagangan ingin segera membawa hasil bumi Papua tersebut untuk berkancah di tingkat internasional.

Melalu Menteri Perdagangan, Thomas Lembong, pemerintah siap mendorong Kopi Papua untuk diekspor ke luar negeri.

“Saya juga belajar banyak dari pelaku usaha, bahwa kopi arabika itu semakin tinggi lahan tanamnya itu semakin manis aromanya. Kelihatannya tidak banyak wilayah di Indonesia yang seoptimal itu, cuma Papua yang paling optimal dan tinggal membangun pembinaan petani dan pengolahannya,”

kata Menteri Perdagangan Thomas Lembong dilansir Merdeka, Minggu (12/6/2016).

Thomas Lembong juga mengatakan bahwa pusat kopi di Kabupaten Dogiyai membutuhkan sarana pendukung yang memadai sehingga pemerintah akan menggenjot investasi untuk mendukung Kabupaten Dogiyai dalam memproduksi kopi lokal dengan cita rasa mendunia.

“Saya di pusat kopi Dogiyai, diberi tahu oleh salah seorang pembina bahwa mesin yang dipergunakan disumbang oleh Jepang pada 1975, jadi mungkin perlu sedikit investasi. Memang harus ujung ke ujung, dan mungkin pasar juga bisa berperan,”

kata Thomas.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

X