Bisnis.com, LONDON – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag dan Perhimpunan Pelajar Indonesia di Belanda mempromosikan kopi Indonesia yang mendapat perhatian dari sejumlah kalangan seiring dengan kebijakan Pemerintah Indonesia melakukan diplomasi ekonomi.

“Promosi kopi Indonesia di Belanda bertajuk Indonesia Coffee Festival berlangsung di New Babylon Meeting Center diadakan KBRI Den Haag bersama PPI Belanda dan PPI Den Haag 17-18 Juni 2016,” kata Minister Counsellor Pensosbud KBRI Den Haag, Azis Nurwahyudi, Selasa (21/6/2016).

Menurutnya, Dubes RI untuk Kerajaan Belanda, Wesaka Puja dalam sambutannya mengatakan kopi merupakan salah satu produk unggulan ekspor Indonesia. Indonesia merupakan produsen kopi terbesar nomor empat dari seluruh dunia sehingga perlu terus dicarikan pasar di luar negeri, terutama di Eropa.

Ketua Panitia dari PPI Den Haag, Priska Astasari mengatakan kegiatan bersama itu merupakan ajang promosi Indonesia dari sisi ekonomi.

Tujuh perusahaan dari Indonesia diundang dalam festival itu yakni Adena Coffe, Javanusa, De Ngokow Cofee, Ephraim Coffee, Daya Asasta, Mr O dan Blanco Coffee and Book.

Selama festival, juga diadakan acara talkshow yang membahas kopi Indonesia. Christian Julianto Charis dari Ephraim Coffee membahas tentang pertanian kopi di Indonesia, yang dimulai dari sejarah dibawanya biji kopi ke Indonesia hingga konsep sustainable coffee production yang harus dilakukan oleh petani dan pengusaha kopi.

Selain itu juga dibahas perbedaan cita rasa kopi dari berbagai daerah di Indonesa oleh Sara Datuk dari Javanusa. Dijelaskannya mengenai perbedaan rasa kopi dari Aceh Gayo, Jawa Barat, hingga kopi dari Papua yang masing-masing mempunyai ciri khas sendiri.

Sedangkan Aki Baihaki menjelaskan tentang fair trade dalam perdagangan kopi yang harus menguntungkan tidak saja bagi pengusaha tetapi juga petani kopi sendiri.

Kehadiran Barista Yakup Aydin menambah lengkap festival tersebut karena Yakup melakukan demonstrasi pembuatan espreso dan latte art yang menarik.

Bimo Pramana dari Blanco Cofee and Book, Yogyakarta hadir pada festival tersebut mengatakan bahwa mengikuti Indonesia Coffee Festival di Den Haag memberikan pengalaman baru dan pengetahuan mengenai selera pasar Eropa khususnya di Belanda. Selain itu juga memberikan kesempatan untuk membuat jejaring antar pengusaha kopi di kedua negara.

AddThis Sharing Buttons
Source : Antara
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

X