Kopi Wamena, Kopi Papua
Kopi Wamena, Kopi Papua

CePaMagz.com – Kopi Papua Wamena adalah salah satu produk asli Indonesia yang terkenal sampai ke mancanegara, dengan aroma kopi khas wangi arabica dan rasa khas kopi Papua yang nikmat. Menengok sejarah asal kota penghasil kopi ini, Wamena adalah sebuah kecil yang terletak di lembah pegunungan Jayawijaya, Papua, Indonesia. Iklimnya sangat dingin dengan suhu antara 15 sampai 20 derajat celcius. Penduduknya ada orang asli Wamena dan para pendatang dari suku Jawa, Bugis, Makasar, dan Batak. Kota ini terletak di ketinggian 1.400 hingga 2.000 meter diatas permukaan laut, dan merupakan kondisi ideal untuk produksi arabika.

Kopi Papua Wamena tumbuh di lembah Baliem pegunungan Jayawijaya, kopi ini tumbuh di tanah pegunungan yang subur dan tanpa menggunakan pupuk kimia ataupun buatan sehingga disebut kopi organik.

Petani kopi Papua menggunakan proses unik yang disebut sebagai pengupasan basah atau wet-hulling (juga sering disebut sebagai semi washed). Menggunakan teknik ini, para petani mengupas kulit luar buah kopi dengan menggunakan mesin pengupas tradisional yang disebut “luwak”. Biji kopi, yang masih berselaput getah, kemudian disimpan hingga selama satu hari. Setelah masa penyimpanan, biji kopi dibersihkan dari getah dan kopi tersebut dikeringkan dan siap untuk dijual.

Petani di Papua menggunakan proses semi washed. Setelah melakukan pengupasan, kopi difermentasi selama 8 hingga 10 jam. Kemudian dibersihkan dari getah dan biji kopi dikeringkan hingga memiliki kandungan air 12%, atau dikupas dalam keadaan basah dan dikeringkan sebagai biji hijau. Karena lambatnya paparan teknologi modern, maka sebagian besar dari kegiatan pengolahan kopi tersebut dilakukan hanya dengan tangan. Pupuk kimia, pestisida dan herbisida tidak dipakai untuk tanaman kopi ini, dan membuat kopi Papua menjadi kopi yang langka dan juga berharga.

Yang menarik adalah kopi Papua telah dinikmati oleh penggemar kopi dari seluruh dunia. Terutama adalah di warung kopi dan kafe yang ada di Wamena, selain itu jenis kopi ini telah menjadi produk unggulan tersendiri dari masyarakat Papua. Kualitas dari jenis kopi ini memiliki cita rasa yang khas jika dibandingkan dengan cita rasa kopi Arabika yang lain.

Sumber : kopikeliling.com, wikipedia.com

By : Mad

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

X