Barisa Kopi Papua, D.R. Kwano
Barisa Kopi Papua, D.R. Kwano & Odie G.

Rabu, 10-08-16 12:22 WIB PRODUK

SUARADESA, PAPUA – Kopi merupakan salah satu minuman yang menjadi kegemaran kebanyakan orang Indonesia, karena dengan minum kopi dipercaya dapat menghilangkan kantuk dan lelah. Dari kebanyakan kopi , ada satu kopi yang khas dan memiliki citarasa yang berbeda yaitu kopi yang asli berasal dari Papua bernama Baliem Blue Coffe.

Bagi warga Kabupaten Jayawijaya kopi ini memiliki nilai lebih. Karena kopi ini tidak hanya hasil racikan barista asli Papua pertama, tapi juga hasil tanam petani setempat.

Darmin Rad Kwano, Barista Papua pertama itu mengatakan, kopi berjenis Arabica organic ini dihasilkan oleh petani tradisional Papua dan merupakan kopi berkualitas kedua dari Jamaika Blue Coffee.

“Kopi Arabica baliem ini dalam satu tahun hanya sekali panen, sedangkan proses pengolahan agar siap saji membutuhkan enam bulan mengingat medan yang ditempuh sangat sulit,”

katanya, Rabu (10/8).

Dalam proses pengeringan kopi ini selalu dipantau kadar airnya sebelum dipanggang (roast) dan digiling sendiri sampai ketahapan siap dikonsumsi. Sebelum berkecimpung dalam dunia usaha kopi ini, staf nya telah menjalani pelatihan di Jakarta Coffee House selama enam bulan.

“Dalam proses penanaman hingga panen, kesemuanya dilakukan di bawah naungan pihak Koperasi Baliem Arabica di mana telah menyiapkan pula sumber daya manusia nya untuk menanam,”

ujar Darmin.

Baliem Blue Coffe / Kopi Wamena Papua bercita rasa buah dengan kombinasi pahit yang sedang dan rasa yang juga tidak berat. Jadi bagi para penggemar kopi, tak ada salahnya untuk mencoba meluangkan waktu berjalan-jalan ke Papua mencicipi kopi asli Papua. (suara)

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

X