Gubernur Papua, Lucas Enembe menegaskan bahwa jika ingin membantu masyarakat gunung, jangan hanya bangun jalan tapi bangunkanlah ekonomi masyarakatnya yang sebagian besar berprofesi sebagai petani kopi

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Gubernur Papua, Lucas Enembe menegaskan bahwa jika ingin membantu masyarakat gunung, jangan hanya bangun jalan tapi bangunkanlah ekonomi masyarakatnya yang sebagian besar berprofesi sebagai petani kopi. Selama ini daerah gunung identik dengan kemiskinan, konflik serta masyarakat yang tertutup. Maka menurutnya, untuk mengatasi hal itu tidak semata-mata dengan membangun infrastruktur namun harus menghidupkan ekonomi masyarakat salah satunya dengan kopi.

“Ingin mensejahterakan masyarakat gunung, maka kembangkan kopi. Dengan kopi masyarakat papua bisa mendapatkan penghasilan yang menarik sehingga kesejahteraan lebih baik. Serta membuka interaksi orang gunung dengan orang luar,” kata Gubernur Papua, Lucas Enembe, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Jitunews.com, Minggu(3/7).

Berdasarkan catatannya, luas areal kopi di Papua pada tahun 2015 tercatat 10.113 ha, dengan produktivitas per ha hanya 438 Kg. Dengan wilayah sentra adalah Kabupaten Jayawijaya dengan luasan hampir 3091 ha. Sedangkan sisanya tersebar di beberapa Kabupaten di Pegunungan seperti Pegunungan Bintang, Puncak Jaya, Yahukimo, Puncak, Paniai, Tolikara , Lanny Jaya, Intan Jaya, Dogiyai, Nduga dan Mimika.

Pengembangan kopi ini selaras dengan visi Papua yakni Bangkit, Mandiri dan Sejahtera. Artinya dengan kopi masyarakat Papua dapat bangkit dengan memanfaatkan potensi sumber daya alamnya.

Bahkan melalui kopi masyarakat dapat meraih kemandirian dari usaha perkebunan yang dikembangkan pada skala ekonomi sehingga dapat memperoleh mendapatkan pendapatan yang layak dan berkelanjutan sehingga mereka bisa menolong dirinya sendiri tanpa bergantung kepada orang lain.

“Jadi tujuan akhirnya yakni masyarakat sejahtera, yaitu masyarakat Papua bisa memperoleh pendapatan yang layak untuk memenuhi kebutuhan hidupnya,” jelas Lucas.
Penulis : Siprianus Jewarut, Vicky Anggriawan

@jitunews http://www.jitunews.com/read/40990/gubernur-papua-harap-pemerintah-pusat-bantu-industri-kopi-papua#ixzz4GchYh8qo

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

X