Rimanews – Wakil Gubernur Papua Barat Irene Manibuy optimistis produksi kopi di wilayah Kabupaten Pegunungan Arfak bisa mendunia layaknya kopi daerah lain di Indonesia.

Pada pembukaan rapat koordinasi peningkatan produksi Pangan Papua Barat di Manokwari, Selasa (28/6/2016), Irene mengatakan, umumnya kopi yang memiliki kualitas bagus adalah kopi yang ditanam di daerah ketinggian.

“Pegunungan Arfak merupakan daerah pegunungan tertinggi di Papua Barat. Dengan ketinggian diatas 2.000 meter dari permukaan air laut,” kata dia.

Menurut dia, PH tanah dan suhu udara di daerah tersebut sangat mendukung untuk pengembangan kopi yang berkualitas. Hal ini dinilai selaras dengan Nawacita pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Ia optimistis produksi kopi di daerah tersebut mampu meningkas ekspor Papua Barat. Dia mengimbau instansi terkait seperti dinas Perkebunan mulai serius mengembangkan budidaya kopi Arfak.

“Ternyata tanaman kopi di Pegunungan Arfak sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Namun selama ini belum mendapat perhatian serius. Kini saatnya untuk melihat potensi ini,”

ujarnya.

Dia mengutarakan, komoditas kopi baik arabika, torabika maupun jenis lain sudah mendunia. Kopi sudah menjadi minuman populer di setiap negara.

Menurutnya, kopi arabika Pegunungan Arfak bisa merebut minat pasar. Upaya tersebut bisa diwujudkan melalui program tol laut yang sudah dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Irene menambahkan, pengembangan kopi di daerah tersebut bisa mendokrak perekonomian masyarakat dengan terus meningkatkan pembinaan agar masyarakat siap menyambut peluang emas tersebut.

“Di sisi lain, kopi bisa menjadi icon daerah setempat. Saat ini kita baru mengenal Pegunungan Arfak dari potensi pariwisata. Produksi kopi akan mendukung pariwisata di daerah tersebut,” katanya menambahkan.

Pada kesempatan itu, wakil gubernur mengharap Kementerian Pertanian mengalokasikan program dan anggaran untuk pengembangan dan peningkatan produksi kopi di Pegunungan Arfak.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

X