Jayapura,- PP – Pemerintah Provinsi Papua terus berupaya mendorong masyarakat di wilayah La Pago untuk mengembangkan potensi lokal seperti usaha kopi bagi peningkatan kesejahteraan.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda Papua, Elia Loupatty mengatakan pemerintah mendorong masyarakat Papua, khususnya masyarakat di Kabupaten Tolikara untuk mengembangkan usaha kopinya.

Dimana, Pemerintah Provinsi Papua sudah memfasilitasi mereka (petani-red) untuk melakukan pelatihan di Provinsi Bali. “Untuk mendukung masyarakat kelola usaha perkebunan kopinya, kita sudah kirim mereka ke Bali untuk ikut pelatihan, dengan harapan mereka akan menjadi petani kopi yang mempunyai citarasa tinggi dan bisa mendunia,” jelasnya.

Setelah mengikuti pelatihan ini, kata Loupatty petani kopi Papua dapat fokus untuk kelola lahan perkebunannya dan lebih giat lagi untuk hasilkan kopi Papua yang berkualitas tinggi.

Lebih lanjut, kata Loupatty, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan Pemda Tolikara dan dinas terkait beberapa waktu lalu. Dimana, kita juga mendorong Pemda Tolikara untuk membantu petani, sehingga kita bisa ditetapkan wilayah La Pago sebagai sentra produksi kopi. Namun, perlu terus didorong agar hasil produksi dan kualitasnya terus terjaga. (Bams)

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

X