Rabu, 29 Maret 2017 02:01, Papua Pos Nabire

DEIYAI – Pelaksanaan Musrembangda tingkat kabupaten, merupakan kegiatan rutinitas yang dilaksanakan setiap tahun di kabupaten/kota dalam rangka menyusun, merancang dan merumuskan berbagai program pembangunan untuk tahun berikutnya, khususnya pelaksanaan Musrembangda di tingkat Kabupaten Deiyai merampungkan penyusunan sejumlah program pembangunan, baik fisik maupun non fisik  untuk tahun 2018 mendatang, yang nantinya akan dituangkan dalam RPJMD Kabupaten Deiyai.

Sejumlah program pembangunan yang disusun dan dirampungkan melalui Musrembangda tersebut adalah hasil Musrembang tingkat kampung, distrik  yang dilaksanakan di lima distrik, disingkronkan dengan sejumlah program dari masing-masing OPD di lingkungan pemerintah kabupaten Deiyai untuk  tahun 2018.

Dalam kesempatan itu, sebelum membuka Musrembangda Bupati Deiyai, Dance Takimai melalui sambutannya menyampaikan, pelaksanaan kegiatan Musrembangda sangatlah penting karena melalui kegiatan Musrembangda akan merumuskan, menyusun berbagai rancangan program pembangunan sesuai kondisi rill, kebutuhan masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Deiyai, yang nantinya akan dituangkan dalam RPJMD tahun 2018.

Oleh sebab itu, bupati mengajak kepada sejumlah pimpinan OPD , apapun program yang akan disusun dan dirumuskan dalam Musrembangda itu dapat dirampungkan dengan baik, sesuai kondisi rill di lapangan, terutama kebutuhan dan keluhan masyarakat, lebih khususnya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya terfokus terhadap pengembangan tanaman kopi dan perikanan sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Deiyai.

“Kami minta kepada para pimpinan OPD, perlu perhatian serius dalam  pengembangan tanaman kopi dan perikanan, karena sesuai dengan kondisi Deiyai secara umum, telah dituangkan dalam visi- misi kami, maka hal ini, perlu menjadi perhatian serius dalam tahun terakhir kepemimpinan kami ini,” katanya Dance.

Sementara itu, Kepala Bappeda Deiyai Fransiskus Adii mengatakan, pelaksanaan Musrembangda ini agenda yang sangat penting, maka pihaknya telah melaksanakan kegiatan Musrembang di tingkat distrik, kampung di lima distrik yang ada di Deiyai.

Karena menurutnya dalam merumuskan merancang program, tentu mulai berangkat dari kondisi rill yang ada di kampung-kampung. Untuk itu,  telah dilaksanakan Musrembang tingkat distrik agar para kepala kampung, dapat menyusun sendiri tentang unek-unek kegiatan, kebutuhan, keluhan,  masyarakat, yang ada di kampung pada lima distrik se Deiyai.

“Apa pun yang sudah disusun oleh para kepala kampung sendiri, akan disingkronkan dengan program dari para pimpinan OPD didalam Musrembangda tingkat kabupaten, yang nantinya akan dituangkan dalam RPJMD tahun 2018,” ucapnya.

Lanjut Frans, semua yang dirancang melalui Musrembangda ini ada beberapa program yang akan lebih berfokus, diantaranya pengembangan tanaman kopi, perikanan, penyediaan air bersih. Beberapa poin tersebut ini sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat yang telah dituangkan dalam visi- misi Bupati dan Wakil Bupati Deiyai, sehingga kedepan akan lebih seriusi. “Hasil perumusan dan rancangan program yang dirampungkan melalui Musrembangda ini akan disampaikan ke provinsi dan pusat melalui Musrembangda provinsi dan Musrembangnas di Jakarta,” tambahnya.

Sementara itu, kegiatan Musrembangda tingkat Kabupaten Deiyai yang dibuka Bupati Dance Takimai ditandai dengan tarik busur, dihadiri para pimpinan OPD, para kepala distrik serta pihak lembaga yang bermitra dengan pemerintah Deiyai, seperti YAPKEMA dan pihak lainnya, perwakilan Bappeda Provinsi Papua. Dan dalam kegiatan Musrembangda diisi juga dengan  pemaran sejumlah materi yang disampaikan oleh  perwakilan Bappeda Provinsi Papua dan Ketua Yayasan YAPKEMA, Hanok Pigai, tentang pengembangan tanaman kopi Deiyai, telah berjalan alot dan sukses.(henbob)

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

X