Jakarta, GATRAnews – Ada sajian berbeda di Istana saat pengukuhan anggota Paskibraka 2017 di Istana Negara Selasa siang (15/8/17).  Para barista berpakaian serba putih yang sigap meracik kopi Kintamani khas Bali buat anggota Paskibraka, tamu undangan, para jurnalis tampak disuguhi oleh kopi.

Presiden Joko Widodo bersama dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga ikut mencicipi langsung segelas kopi yang disajikan. Pemandangan unik tersebut sontak langsung menjadi fokus perhatian para jurnalis.

“Kita ini kan memiliki yang namanya kopi dari barat, Sabang, sampai ke timur, Merauke, banyak sekali. Mulai dari kopi Gayo, Mandailing, Lampung, Jawa Barat, Kintamani, ada kopi paling timur di Wamena dan di daerah-daerah yang lain. Ini akan mulai kita kenalkan merk lokal,” ujar Presiden saat dimintai keterangannya soal kopi ini, Selasa (15/8).

Kepala Negara juga menginginkan agar pelatihan bagi para barista untuk dapat diperbanyak. Saat kunjungan kerja ke Jember, Jawa Timur, beberapa waktu lalu, Presiden juga telah melihat pelatihan bagi para barista ini.

“Yang paling penting adalah produk kopi ini tidak dijual mentahan,” ucapnya.

Presiden pun memastikan bahwa pemerintah akan terus mengupayakan agar merk-merk lokal dapat semakin dikenal oleh masyarakat.

“Sekali lagi, kita ingin mengangkat merk lokal dengan bahan baku kopi 100 persen dari negara kita Indonesia. Rasanya silakan coba langsung dan bandingkan dengan merk luar,” ia menegaskan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini kemudian mempersilakan para jurnalis yang hadir untuk mencoba sendiri kopi yang kali ini disajikan di Istana Negara.

“Yang paling penting kopinya dicoba dulu,” ajaknya.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

X