Baliem Blue Coffee, Kopi Papua< Wamena Single Origin
Baliem Blue Coffee, Kopi Papua< Wamena Single Origin

Beberapa waktu yang lalu saya bertemu dengan slah satu orang Pengusaha Kopi di Wamena nota bene beliau adalah Petani Kopi dan sama-sama Mendirikan Koperasi Serba Usaha Baliem Arabica yang kini sedang membangun Home Industri sekaligus sebagai Exportir Kopi Baliem Papua.
Namun beberapa waktu kemudia dia mendirikan sebuah usaha sendiri yang dibina langsung oleh Pemerintah Kabupaten. Tidak lama kemudian apa yang dialaminya dikemukakan kepada saya dan saya jawab sebagai berikut:
1. KSU. Baliem Arabica adalah pasar dari seluruh kopi yang ada di Wilayah Adat LAPAGO dan Kab. Jayawijaya adalah tuan.
2. Saya pribadi sebagai anak yang jadi ketua Koperasi adalah bukti kebanggaan BAPAK PETANI KOPI se-Wilayah LAPAGO yang melanjutkan perjuangan Memasarkan Kopi dari Petani menjadi Pasar dan Eksportir. Itu hasil dari BAPAK PETANI.
3. Jika ada bantuan Pemerintah yang membantu Bapak berlebihan; misalnya kasi Mesin Produksi Huller, Roaster, Packing dll (Produksi), tanggapan saya sebagai anak adalah: PRNGHINAAN bagi usaha anak Muda dan Industi Kopi yang dibangun oleh OAP.
4. Bantuan dan binaan terhadap PETANI KOPI ke arah Industri adalah PEMBUNUHAN KARAKTER BISNIS OAP.

Pertanyaannya:

1. Jika orang tua yang adalah Petani Kopi tidak mampu mengelola Mesin dan tidak memproduksi kopi maka apa yang akan terjadi?
2. Apa kata Pemerintah dikemudian hari terkait mesin produksi?
3. Apa kesan publik?

Sukses atau Gagal, hanya waktu yang menjawabnya.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

X